Referensi pihak ketiga

Sejarah membuktikan bahwa orang tua dari salah seorang pemimpin Tiongkok masa kini, Xu Shiyou, lahir di kuil Shaolin. Maklum saja, ada 700 lebih aliran seni beladiri ala Shaolin di Tiongkok. Semuanya memiliki cukup banyak cabang di seantero negeri itu.

Referensi pihak ketiga

Pertanyaannya, apakah ada perlawanan dari mereka kepada para agresor dari Jepang?

Referensi pihak ketiga

Jepang dan Tiongkok memiliki akar keagamaan yang hampir sama, yaitu ajaran Budha. Itu sebabnya, walaupun Jepang menyerang Tiongkok, mereka tidak menyerang kuil Shaolin. Hanya mereka yang tinggal di luar kuil yang dibantai habis. Walau demikian, para bhiksu penghuni kuil tidak tinggal diam dengan kondisi itu. Secara terbuka maupun diam-diam, mereka mengorganisir perlawanan dari dalam kuil.

Referensi pihak ketiga

Ada lagi alasan lain, seperti ditulis dalam sebuah dokumentaso di kuil Shaosan, Propinsi Henan. Kuil Shaolin menghindari bentrokan langsung dengan tentara Jepang yang kejam dan kuat dalam persenjataan, untuk melindungi masyarakat umum dan kaum buruh yang tidak berdosa. Para pendekar Shaolin yang memilih untuk melawan, akan bergabung dengan kelompok-kelompok perlawanan.