Sumber : Amazine


TS akan menceritakan sedikit tentang si Atta. Atta merupakan salah satu makhluk terkuat dimuka bumi yang mampu membawa beban lebih besar dibandingkan ukuran tubuhnya. Semut Atta memiliki kebiasaan membawa potongan daun di atas kepala mereka. TS kasih spoiler dikit ya, Daun yang dibawa oleh semut Atta bukan dijadikan sebagai bahan untuk membuat sarang, bukan untuk dimakan juga.... Jawabannya dikeep dulu, makanya baca tulisan TS sampai tuntas hehe. Langsung aja, berikut 5 Fakta Menarik Mengenai Atta, Semut Pemotong Daun :


Spoiler for 1. Pelopor Pertanian
1. Pelopor Pertanian


Sumber : Pixabay


Entah ini benar atau tidak? Soalnya TS tidak tau duluan manusia atau semut yang diciptakan terlebih dahulu hehe Namun yang jelas Atta merupakan semut yang mengenal konsep pertanian. Dipercayai oleh para ahli, atta mengenal konsep pertanian jamur telah berlangsung sejak kepunahan dinosaurus. 


Jadi daun yang dibawa oleh si Atta dijadikan sebagai sarana untuk menumbuhkan jamur di sarang mereka. Jamur inilah yang kemudian menjadi makanan bagi si Atta (ini ya jawabanan dari spoiler diatas hehe).



Spoiler for Kedua
2. Tidak Mengandalkan Capitnya Untuk Membela Diri


Sumber : Pixabay


Atta sedikit berbeda dengan semut pada umumnya yang memanfaatkan capit di dagunya untuk membela diri.


Terus gimana si atta membela diri? Jadi gini wahai netizen budiman, ketika si Atta membawa daun, otomatis mereka tidak bisa membela diri. Oleh sebab itu, setiap pekerja yang membawa selalu ditemani bodyguard (semut atta yang berukuran kecil) untuk melawan lalat (predator alaminya). Bodyguard ini biasanya disembunyikan pada daunan yang dibawa oleh semut atta berukuran besar.



Spoiler for Ketiga
3. Menciptakan Jalan Tol Khusus Semut


Sumber : Pixabay 


Setiap semut atta ingin berjalan, ia selalu membersihkan jalan yang dilaluinya dari ranting, kerikil kecil, rumput bahkan tumbuhan liar ke satu sisi. Oleh sebab itu, jalur yang dilalui semut atta biasanya bersih bebas hambatan layaknya jalan tol.





Spoiler for Keempat
4. Salah Satu Makhluk Terkuat


Sumber : Amazine


Semut atta merupakan salah satu makhluk terkuat yang mampu mengangkat beban 5000 kali lebih besar dibandingkan berat tubuhnya. Kebayangkan betapa kuatnya makhluk kecil ini hihihi.




Spoiler for Kelima
5. Gergaji Alami


Sumber : Pixabay 


Tidak diragukan lagi, semut atta memiliki kemampuan gergaji yang digunakan untuk memotong daun.

Mekanisme pomotongan daun ini memanfaatkan tubuhnya untuk bergetar sehingga membuat daun menjadi diam dan memudahkannya untuk memotong daun-daun tersebut ke potongan kecil-kecil.