Ternyata dulu indonesia pernah memiliki uang dengan pecahan kertas terbesar dengan nominal Rp 25 juta, Pecahan mata uang ini diterbitkan di tahun 1948 di Labuan Batu, Rantau Prapat, Sumatera Utara.

Dilnasir dari merdeka.com(2/7). Pecahan mata uang ini sedikit berbeda dengan kertas rupiah yang beredar pada umumnya, ukuran uang ini lebih kecil dari uang sekaarang dan juga uang kertas Rp 25 juta ini hanya memiliki satu muka yakni hanya bagian depannya saja.

https://megamein.com

Konon mata uang ini ternyata beredar saat Indonesia dilanda hiperinflasi pasca-proklamasi kemerdekaan.

Waktu itu pemerintah pusat menerbitkan Oeang Repoeblik Indonesia (ORI) pada Oktober 1946. Namun karena situasi sedang berperang, membuat peredaran ORI terhambat. Akibatnya peredaran ORI tidak dapat menjangkau daerah yang sangat jauh seperti Sumatera dan beberapa daerah lainnya karena diblokir oleh Belanda.

Akhirnya daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh ORI, mereka mencetak mata uang daerah sendiri yang kemudian dikenal dengan sebutan ORIDA atau Oeang Repoeblik Indonesia Daerah (ditulis Urida). Meskipun demikian Urida sendiri terbit atas izin dari Pemerintah Pusat untuk memecahkan masalah yang menimpa daerah-daerah tersebut.

https://megamein.com

Namun ORI dan ORIDA sendiri hanya bertahan sampai tahun 1950. perlahan lahan uang tersebut ditarik kembali oleh Pemerintah Republik Indonesia Serikat pada Maret 1950. dan Uang yang beredar di masyarakat kemudian diganti dengan uang seri RIS (Republik Indonesia Serikat).