Sulu Islamic Grave Wood Marker ( Sunduk )

Sulu Islamic Grave Wood Marker ( Sunduk )

Sulu, Filipina
abad ke-19

tinggi: 97cm, lebar: 19.5cm, kedalaman: 16cm


koleksi mendiang Henry Brownrigg, London.

Pos peringatan ini atau penanda makam yang dikenal sebagai  sunduk  telah diukir dari sepotong kayu besi. Ini khas dalam gaya dan bentuk untuk yang ditemukan di Kepulauan Sulu, Filipina selatan. Daerah ini adalah rumah bagi orang-orang Tausug, Samal, dan Badjaw yang asli dan sangat Islam dan berada di bawah kendali Kesultanan Sulu Islam. Sejumlah besar orang Moro dari Mindanau juga tinggal di daerah tersebut.

Penanda kubur diukir untuk dilihat dari semua sisi. Itu telah didekorasi dengan ukiran tradisional Melayu ( ukkil lukis ) dengan motif tanaman pohon ( birdo ) dan diatapi oleh motif seperti mahkota yang mungkin juga merupakan mekar teratai bergaya ( sumping kayapu ' ).

Kemungkinan besar contoh ini adalah untuk pria; yang ditujukan untuk wanita cenderung lebih lebar, tidak seperti tiang dan lebih seperti lempengan.

Penanda ini lapuk dan memiliki patina yang bagus serta usia yang jelas. Ada satu kerugian kecil untuk salah satu tonjolan yang lebih rendah.

REFERENSI

Benitez-Johannot, P. (ed.),  Jalan Asal: Warisan Austronesia dalam Koleksi Museum Nasional Filipina, Museum Nasional   Indonesia dan Belanda Rijksmuseum voor Volkenkunde , ArtPostAsia, 2007.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar