tribunnewswiki.com

 ada beberapa misteri besar di Indonesia yang terkenal di mata dunia tapi belum terpecahkan hingga kini. Di bawah ini contohnya.

1. Kapal Hantu Indonesia "Ourang Medan"

tribunnews.com

Misteri yang terkenal adalah kisah kapal ‘hantu’ Ourang Medan. Saat itu tahun 1947, dua kapal Amerika yakni City of Baltimore dan Silver Star berlayar di Selat Malaka. Mereka kemudian menangkap sinyal darurat dari kapal dagang Belanda yang mengaku bernama Ourang Medan.

Sinyal ini pun ditangkap oleh pos penjagaan di Selat Malaka. Akhirnya diutus kapal Silver Star yang memiliki jarak terdekat dengan sinyal dari kapal Ourang Medan.

keepo.me
keepo.me

Saat memeriksa kapal Ourang Medan, mereka melihat bahwa seluruh penumpang kapal Ourang Medan mati mengenaskan. Mata menonjol tapi tidak ada indikasi kekerasan.

Setelah diperiksa, tidak ada satupun yang bertahan hidup. Akhirnya kapal Silver Star berusaha menarik kapal Ourang Medan. Tapi malah meledak tanpa sebab yang jelas.

2. Piramida Tertua di Dunia berasal dari Indonesia

kompas.com

Misteri lainnya adalah Bukit Padang atau Gunung Padang yang ada di daerah Cianjur, Jawa Barat. Penemuan ini ditelusuri oleh peneliti sekaligus sejarawan asal Belanda, N.J Krom pada tahun 1914. Penelitiannya itu ditulis dalam laporan berjudul "Rapporten van de Oudheidkundige Dienst".

Namun seiring berjalannya waktu, objek ini kehilangan popularitasnya dan dilupakan publik. Misteri Bukit Padang ramai kembali pada saat penelitian yang dimulai oleh tim penelitian bencana kuno yang dibentuk di bawah Bantuan Sosial dan Bencana dari Staf Khusus Kepresidenan dengan bantuan tim riset internasional lainnya.

kompas.com
cnnindonesia.com

Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Bukit Padang bukanlah bukit. Melainkan piramida tertua di dunia.

Ahli geologi Danny Hilman memperkirakan bahwa Bukit Padang dibuat sekitar 9.000 hingga 20 ribu tahun yang lalu.