Google telah mengumumkan mesin pencari alternatif yang akan ditampilkan kepada pengguna Android baru di kawasan Uni Eropa (UE), dengan DuckDuckGo pilihan yang paling sering ditawarkan sebagai mesin pencarian baru di Android mengalahkan mesin pencarian Bing.

Warga negara Uni Eropa yang menyiapkan perangkat Android mulai 1 Maret akan diberi pilihan 4 mesin untuk digunakan sebagai default search engine, termasuk google. Penyedia mana pun yang mereka pilih akan menjadi default untuk pencarian yang dilakukan di Chrome dan melalui kotak pencarian layar beranda Anroid. Aplikasi khusus untuk penyedia layanan mesin pencarian tersebut juga akan diinstal pada perangkat mereka.

Layar pilihan baru tersebut akan muncul untuk para pengguna baru Android di wilayah UE. "Layar pilihan" sedang diperkenalkan oleh google setelah putusan antitrust dari Uni Eropa Maret lalu.

Google didenda $5 miliar (Rp 68,4 Triliuan lebih) oleh regulator Uni Eropa yang mengatakan perusahaan tersebut harus menghentikan "pengikatan" mesin pencari dan browser secara ilegal ke OS selulernya.

Mesin pencari yang diperlihatkan kepada pengguna baru akan bervariasi untuk setiao negara UE, dengan pemilihan yang ditentukan dengan sistem lelang "Fourth-price". Yang dimaksud lelang ini ialah setiap penyedia memberitahu tahu Google mengenai seberapa banyak yang harus dibayar perusahaan setiap kali pengguna memilih produk mereka sebagai default. Tiga penawar pertama tertinggi kemudian ditampilkan kepada pengguna, dengan penyedia yang dipilih membayar Google sesuai jumlah yang ditawarkan oleh penawar tertinggi keempat, proses ini diulang selama 4 bulan.

Semua ini berarti bahwa pilihan Google akan ditampilkan kepada pengguna tidak harus mencerminkan popularitas mesin pencari di negara tersebut. Sebaliknya,ini menunjukkan seberapa banyak penyedia bersedia membayar untuk pengguna. Ini mungkin menjelaskan mengapa Microsoft Bing hanya muncul sebagai opsi di Inggris-negara dimana pendapatan dari iklan pencarian cenderung lebih tinggi daripada negara-negara dengan PDB lebih rendah.

Ketika Google mengumumkan sistem lelang Agustus lalu, pesaing penyedia search engine terlihat tidak senang. Eric Landri, CEO mesin pencari yang berfokus pada privasi Qwant, mengatakan itu adalah "Total penyalahgunaan posisi dominan Google untuk meminta uang tunai hanya untuk menunjukkan proposal alternatif."

Gabriel Weinberg, CEO DuckDuckGo, mengatakan lelang sistem adalah "Pay-to play auction" yakni membayar untuk mengikuti lelang, yang berarti Google akan mendapat untung dengan mengorbakan kompetisi.


Sementara CEO Ecosia, mesin pencari yang menggunakan keuntunganya merencanakan untuk memboikot lelang sepenuhnya. Dalam sebuah pernyataan pers, CEO dan pendirinya Christian Kroll mengatakan keputusan Google ini bertentangan dengan semangat keputusan komisi UE 2018 Juli." Kroll menambahkan Ecosia akan meningkatkan kekhawatirannya atas perilaku monopolistik Google dengan legislator Uni Eropa.

Berikut pilihan lengkap mesin pencari yang ditampilkan bagi para pengguna Android di Uni Eropa:
Code:

Austria: DuckDuckGo, GMX, Info.com
Belgia: DuckDuckGo, Info.com, Qwant
Bulgaria: DuckDuckGo, Info.com, PrivacyWall
Kroasia: DuckDuckGo, Info.com, PrivacyWall
Republik Ceko: DuckDuckGo, Info.com, Seznam
Denmark: DuckDuckGo, Givero, Info.com
Estonia: DuckDuckGo, Info.com, Yandex
Finlandia: DuckDuckGo, Info.com, Yandex
Prancis: DuckDuckGo, Info.com, Qwant
Jerman: DuckDuckGo, GMX, Info.com
Yunani: DuckDuckGo, Info.com, Qwant
Hongaria: DuckDuckGo, Info.com, PrivacyWall
Islandia: DuckDuckGo, Info.com, PrivacyWall
Irlandia: DuckDuckGo, Info.com, PrivacyWall
Italia: DuckDuckGo, Info.com, Qwant
Latvia: DuckDuckGo, Info.com, Yandex
Liechtenstein: DuckDuckGo, Info.com, Qwant
Lituania: DuckDuckGo, Info.com, Yandex
Luksemburg: DuckDuckGo, Info.com, Qwant
Malta: DuckDuckGo, Info.com, PrivacyWall
Belanda: DuckDuckGo, GMX, Info.com
Norwegia: DuckDuckGo, Info.com, PrivacyWall
Polandia: DuckDuckGo, Info.com, Yandex
Portugal: DuckDuckGo, Info.com, Qwant
Republik Siprus: DuckDuckGo, Info.com, PrivacyWall
Rumania: DuckDuckGo, Info.com, PrivacyWall
Slovakia: DuckDuckGo, Info.com, Seznam
Slovenia: DuckDuckGo, Info.com, PrivacyWall
Spanyol: DuckDuckGo, Info.com, Qwant
Swedia: DuckDuckGo, Info.com, PrivacyWall
Inggris Raya: Bing, DuckDuckGo, Info.com